Social Icons

Price List Komputer

Friday, June 24, 2016

Bagaimana Cara Instalasi Windows 10

Instalasi windows. sebagai seorang teknisi pasti dituntut untuk menguasai cara melakukan instalasi windows. Ok melalui tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan semudah mungkin dalam melakukan instalasi windows. saya juga akan mencoba membuat videonya nanti dan akan saya upload di youtube.

Saya akan mencoba mengusahakan diri saya tidak mengerti cara instalasi komputer. 

Tahap pertama yang harus saya lakukan apabila saya membeli sebuah pc atau notebook yg isinya kosong atau dos. Saya akan menyalakan pc/nb saya dan hasilnya adalah, pasti layar warna hitam dengan tulisan bahasa inggris dan tidak ada tampilan windows seperti biasa. ya ini adalah layar pertama kali yg muncul apabila anda membeli pc/nb dengan tidak disertai windows bawaan dari pabrik. Jangan khawatir ini memang layar pertama kali muncul. yang perlu kita lakukan sekarang adalah kita harus memiliki sebuah sistem operasi atau Operating system (OS). untuk saat ini yang saya tahu ada 3 sistem operasi yang ada Yaitu Sistem Operasi Windows (buatan Microsoft), Sistem Operasi OSX punya apple (machintose) dan Sistem Operasi Open source Linux. Itu baru sistem operasi dasar ya. sedangkan perkembangannya sampai saat ini dari ke 3 Os tersebut sudah banyak sekali. Untuk saat ini saya hanya akan membahas sistem operasi dari Windows, saat ini sistem operasi terbaru dari windows adalah Windows 10. yang lama saya uda kaga bahas lagi ya karena cara instalasinya juga sama aja kok.Ok sebelum melakukan instalasi kita harus punya dulu CD atau File Iso dari sistem operasi windows 10 ini. Kalo kaga salah ya saat ini sistem operasi windows 10 versi home harganya adalah kurang lebih $99 atau sekitar Rp. 1.386.000 kalo dengan kurs Rp 14.000. Saya tidak tahu bagaimana cara anda mendapatkannya yg jelas setelah punya cd atau isonya kita sekarang akan mulai step by step instal komputer kita dengan os windows 10 ini. 


Tahapan 1. 
Setelah punya cd yg berisi file windows 10. kita coba masukan ke dalam cd room. dan kita lihat apakah cd bisa terbaca oleh cd room atau tidak. kalo sudah terbaca tingal menunggu tulisan "cd...." sebelum titik kelima kita tekan enter.
Kemudian kita tunggu saja perintah selanjutnya pasti membuat partisi hardisk. untuk windows 10 saya sarankan system c minimal 100GB. sisanya HDD bisa dijadikan data D. Kemudia setelah membuat partisi kita tinggal memilih drive yg mau diinstal windows biasanya drive c: . Kemudian cd akan bekerja dan melakukan instalasi (Jalan sendiri kita tunggu saja sampai berhenti) setelah berhenti pertanyaan selanjutnya kita tinggal isi nama computer, kemudian regional dan password login kalo mau pakai password. setelah itu menunggu lagi dan selesai.

berikut contoh video instalasinya di Youtube



No comments:

Post a Comment